PROSES SERTIFIKASI PPIU UNTUK :

1. INFORMASI UNTUK PEMBERIAN SERTIFIKASI AWAL

Informasi dari tim audit untuk keputusan Sertifikasi PT. Intishar Sadira Eshan

Laporan audit dari Tim Audit , yang meliputi :

  • Keterangan pada ketidaksesuaian, dan bila tersedia koreksi dan tindakan korektif yang disampaikan dan dilakukan oleh Pelanggan,
  • Konfirmasi tentang informasi yang disediakan dan digunakan dalam pengkajian permohonan, dan
  • Rekomendasi tentang diberikan atau tidak diberikannya sertifikasi, serta setiap kondisi atau observasi

PT. ISE melalui pengambil keputusan membuat keputusan sertifikasi berdasarkan pada evaluasi temuan audit dan kesimpulan audit serta informasi lainnya.

2. SURVAILEN / PENILIKAN

  • Proses sertifikasi melalui survailen merupakan audit pemeliharaan yang dilakukan audit lapangan di lokasi klien, tujuan dilakukan audit survailen adalah untuk memverifikasi konsistensi klien dalam menerapkan persyaratan standar usaha pariwisata sesuai peruntukannya.
  • Kegiatan Survailen dilaksanakan minimal setahun sekali. Jadwal pelaksanaan survailen pertama ditetapkan paling lambat 12 bulan sejak hari keputusan sertifikasi dan dapat diperpanjang 1 bulan jika pelanggan mengalami kondisi force major.
  • Perencanaan tanggal pelaksanaan survailen dilakukan sesuai kesepakatan dengan klien dan sebelum sertifikat diberikan kepada pihak klien, tanggal pelaksanaan survailen diinformasikan kepada pihak klien melalui pemberitahuan resmi atau beberapa cara yang telah ditentukan.
  • Informasi dan ketentuan biaya survailen dijelaskan dalam Penawaran dan Konfirmasi PT. ISE dengan pihak klien.

3. RE-SERTIFIKASI

Hasil tim audit untuk temuan ketidaksesuaian PT. ISE menetapkan batas waktu untuk koreksi dan tindakan koreksi. Tindakan ini harus diterapkan dan diverifikasi sebelum berakhirnya sertifikasi.

  • Ketidaksesuaian Major, dengan batas waktu untuk koreksi dan tindakan koreksi. Tindakan ini harus diterapkan dan diverifikasi sebelum berakhirnya sertifikasi.
  • Jika kegiatan Resertifikasi telah diselesaikan sebelum tanggal berakhirnya sertifikasi, tanggal berakhirnya sertifikasi baru didasarkan pada tanggal berakhirnya sertifikasi. Tanggal diterbitkan pada sertifikat baru pada saat atau setelah keputusan sertifikasi ulang.
  • Jika PT. ISE belum menyelesaikan audit Resertifikasi atau tidak dapat memverifikasi 
penerapan koreksi dan tindakan korektif untuk ketidaksesuaian mayor sebelum tanggal berakhirnya sertifikasi, maka :

1. Resertifikasi tidak akan direkomendasikan

2. Keabsahan sertifikasi tidak akan diperpanjang.

3. Klien akan diberitahukan serta dijelaskan konsekuensinya.

  • Setelah berakhirnya sertifikasi, PT. ISE akan mengaktifkan sertifikasi dalam waktu 6 bulan dengan ketentuan bahwa kegiatan sertifikasi ulang yang belum terselesaikan, jika tidak, setidaknya Audit Tahap 2 telah dilakukan. Tanggal efektif pada sertifikat harus pada atau setelah keputusan resertifikasi dan tanggal kadaluarsa didasarkan pada siklus sertifikasi sebelumnya.

4. PEMBEKUAN SERTIFIKASI

  • Jika terjadi kondisi pembekuan pada klien PT. ISE , sertifikasi klien untuk sementara tidak berlaku dan tidak diperbolehkan untuk menggunakan sertifikasinya untuk keperluan promosinya lebih lanjut.
  • Status pembekuan sertifikasi dapat diakses publik.
  • Beberapa contoh kasus yang menyebabkan pembekuan sertifikasi :
  • Klien yang disertifikasi gagal  secara total memenuhi persyaratan sertifikasi, termasuk persyaratan standar usaha pariwisata
  • Klien yang disertifikasi tidak menyetujui atau tidak memperbolehkan pelaksanaan Survailen atau Resertifikasi dilaksanakan pada frekwensi yang dipersyaratkan, atau
  • Klien yang disertifikasi meminta pembekuan secara sukarela
  • Ketidaksesuaian hasil Survailen tidak ditindaklanjuti sesuai tata waktu yang ditetapkan dan perpanjangan waktu (1 bulan) yang diberikan oleh PT. ISE.
  • Dalam atau selama proses pembekuan klien dilarang menggunakan sertifikasinya untuk keperluan bisnis dan promosi lebih lanjut.
  • Intishar Sadira Eshan akan menginformasikan status pembekuan kepada publik melalui website PT. ISE.

5. PENCABUTAN SERTIFIKASI

  • Pencabutan sertifikat adalah membatalkan sertifikat atau tidak memberlakukan sertifikasi usaha pariwisata.
  • Status pembekuan sertifikasi dapat diakses publik.
  • Beberapa contoh kasus yang menyebabkan pencabutan sertifikasi :
  • Tindakan perbaikan pada ketidaksesuaian yang telah diambil oleh klien tidak memadai dalam kasus pembekuan sertifikat
  • Klien belum menyelesaikan administrasi (pembayaran) sesuai waktu yang telah ditetapkan
  • Berdasarkan hasil short notice audit ditemukan rekomendasi negatif (keluhan / perubahan)
  • Intishar Sadira Eshan akan menginformasikan status pencabutan kepada publik melalui Website PT. ISE.

PENGUMUMAN

Informasi yang tersedia di dalam website ptise.co.id merupakan informasi yang dapat diakses oleh publik. Jika ada kepentingan, PT. ISE akan melakukan pemberitahuan secara resmi baik dengan tulisan maupun lisan. PT. ISE tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan data & informasi yang tersedia di website kami.