Layanan Sertifikasi CoC (Chain of Custody)

PT. Intishar Sadira Eshan > Layanan Sertifikasi CoC (Chain of Custody)

Sertifikasi PEFC - CoC

Mengapa Memilih kami

  • PERUSAHAAN BERPENGALAMAN – Perusahaan telah berpengalaman di bidang Sertifikasi.
  • AUDITOR BERKOMPETENSI – Tim Auditor Terdaftar , Bersertifikat dan Berkompetensi.
  • PELAYANAN – Jaminan peningkatan mutu Produk, Pelayanan dan Pengelolaan Usaha.
  • AUDIT BERKALA – Perbaikan berkesinambungan audit secara berkala

Apa yang harus saya sertifikasi?

Pertama, anda harus menentukan ruang lingkup yang akan disertifikasi. Produk mana yang ingin anda jual dengan klaim atau label PEFC? Bagian mana dari organisasi anda yang melakukan menggunakan metode CoC? Apakah organisasi anda memiliki metode CoC di beberapa lokasi? jika Ya, kami menyediakan beberapa solusi sertifikasi yang disesuaikan jika perlu, seperti sertifikasi single-site, multi-site , grup sertifikasi , atau proyek sertifikasi.

Berikut ini alur proses Sertifikasi PEFC – CoC :

1. INFORMASI UNTUK PEMBERIAN SERTIFIKASI AWAL

Informasi dari tim audit untuk keputusan Sertifikasi PT. Intishar Sadira Eshan

Laporan audit dari Tim Audit , yang meliputi :

  • Keterangan pada ketidaksesuaian, dan bila tersedia koreksi dan tindakan korektif yang disampaikan dan dilakukan oleh klien,
  • Konfirmasi tentang informasi yang disediakan dan digunakan dalam pengkajian permohonan, dan
  • Rekomendasi tentang diberikan atau tidak diberikannya sertifikasi, serta setiap kondisi atau observasi

PT. ISE melalui pengambil keputusan membuat keputusan sertifikasi berdasarkan pada evaluasi temuan audit dan kesimpulan audit serta informasi lainnya.

2. SURVAILEN / PENILIKAN

  • Proses sertifikasi melalui survailen merupakan audit pemeliharaan yang dilakukan audit lapangan di lokasi klien, tujuan dilakukan audit survailen adalah untuk memverifikasi konsistensi klien dalam menerapkan persyaratan standar usaha pariwisata sesuai peruntukannya.
  • Kegiatan Survailen dilaksanakan minimal setahun sekali. Jadwal pelaksanaan survailen pertama ditetapkan paling lambat 12 bulan sejak hari keputusan sertifikasi dan dapat diperpanjang 1 bulan jika pelanggan mengalami kondisi force major.
  • Perencanaan tanggal pelaksanaan survailen dilakukan sesuai kesepakatan dengan klien dan sebelum sertifikat diberikan kepada pihak klien, tanggal pelaksanaan survailen diinformasikan kepada pihak klien melalui pemberitahuan resmi atau beberapa cara yang telah ditentukan.
  • Informasi dan ketentuan biaya survailen dijelaskan dalam Penawaran dan Konfirmasi PT. ISE dengan pihak klien.

3. PERLUASAN RUANG LINGKUP

  • Intishar Sadira Eshan akan merespon permohonan sertifikasi untuk perluasan ruang lingkup yang diajukan oleh klien
  • Berdasarkan permohonan tersebut yang disampaikan akan dilakukan kajian permohonan untuk menentukan permohonan perluasan lingkup diterima atau tidak
  • Pelaksanaan audit dapat dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan survailen atau dilakukan terpisah sesuai kesepakatan.

4. RE-SERTIFIKASI

Hasil tim audit untuk temuan ketidaksesuaian PT. ISE menetapkan batas waktu untuk koreksi dan tindakan koreksi. Tindakan ini harus diterapkan dan diverifikasi sebelum berakhirnya sertifikasi.

  • Ketidaksesuaian Major, dengan batas waktu untuk koreksi dan tindakan koreksi. Tindakan ini harus diterapkan dan diverifikasi sebelum berakhirnya sertifikasi.
  • Jika kegiatan Resertifikasi telah diselesaikan sebelum tanggal berakhirnya sertifikasi, tanggal berakhirnya sertifikasi baru didasarkan pada tanggal berakhirnya sertifikasi. Tanggal diterbitkan pada sertifikat baru pada saat atau setelah keputusan sertifikasi ulang.
  • Jika PT. ISE belum menyelesaikan audit Resertifikasi atau tidak dapat memverifikasi penerapan koreksi dan tindakan korektif untuk ketidaksesuaian mayor sebelum tanggal berakhirnya sertifikasi, maka :

1. Resertifikasi tidak akan direkomendasikan

2. Keabsahan sertifikasi tidak akan diperpanjang.

3. Klien akan diberitahukan serta dijelaskan konsekuensinya.

  • Setelah berakhirnya sertifikasi, PT. ISE akan mengaktifkan sertifikasi dalam waktu 6 bulan dengan ketentuan bahwa kegiatan sertifikasi ulang yang belum terselesaikan, jika tidak, setidaknya Audit Tahap 2 telah dilakukan. Tanggal efektif pada sertifikat harus pada atau setelah keputusan resertifikasi dan tanggal kadaluarsa didasarkan pada siklus sertifikasi sebelumnya.

5. PENGURANGAN RUANG LINGKUP

  • Intishar Sadira Eshan akan merespon permohonan sertifikasi untuk pengurangan ruang lingkup yang diajukan oleh klien
  • Berdasarkan permohonan tersebut yang disampaikan akan dilakukan kajian permohonan untuk menentukan permohonan pengurangan lingkup diterima atau tidak
  • Dan pelaksanaan audit dapat dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan survailen atau dilakukan terpisah sesuai kesepakatan.

6. PEMBEKUAN SERTIFIKASI

  • Jika terjadi kondisi pembekuan pada klien PT. ISE , sertifikasi klien untuk sementara tidak berlaku dan tidak diperbolehkan untuk menggunakan sertifikasinya untuk keperluan promosinya lebih lanjut.
  • Status pembekuan sertifikasi dapat diakses publik.
  • Beberapa contoh kasus yang menyebabkan pembekuan sertifikasi :
  • Klien yang disertifikasi gagal  secara total memenuhi persyaratan sertifikasi, termasuk persyaratan standar PEFC – CoC
  • Klien yang disertifikasi tidak menyetujui atau tidak memperbolehkan pelaksanaan Survailen atau Resertifikasi dilaksanakan, atau
  • Klien yang disertifikasi meminta pembekuan secara sukarela
  • Ketidaksesuaian hasil Survailen tidak ditindaklanjuti sesuai tata waktu yang ditetapkan oleh PT. ISE.
  • Dalam atau selama proses pembekuan klien dilarang menggunakan sertifikasinya untuk keperluan bisnis dan promosi lebih lanjut.
  • Intishar Sadira Eshan akan menginformasikan status pembekuan kepada publik melalui website PT. ISE.

7. PENCABUTAN SERTIFIKASI

  • Pencabutan sertifikat adalah membatalkan sertifikat atau tidak memberlakukan sertifikasi usaha pariwisata.
  • Status pembekuan sertifikasi dapat diakses publik.
  • Beberapa contoh kasus yang menyebabkan pencabutan sertifikasi :
  • Tindakan perbaikan pada ketidaksesuaian yang telah diambil oleh klien tidak memadai dalam kasus pembekuan sertifikat
  • Klien belum menyelesaikan administrasi (pembayaran) sesuai waktu yang telah ditetapkan
  • Berdasarkan hasil short notice audit ditemukan rekomendasi negatif (keluhan / perubahan)
  • Intishar Sadira Eshan akan menginformasikan status pencabutan kepada publik melalui Website PT. ISE.

8. PEMULIHAN SERTIFIKAT

Apabila klien telah melakukan perbaikan terhadap hal-hal yang menyebabkan sertifikat dibekukan, maka manajemen sertifikasi CoC Intishar Sadira Eshan wajib memulihkan kembali sertifikat klien. Adapun mekanisme pemulihan status sertifikat adalah :

  1. Klien mengirimkan surat permohonan pemulihan sertifikat disertai dengan bukti-bukti perbaikan terhadap hal-hal yang menyebabkan sertifikat dibekukan.
  2. Manajemen sertifikasi CoC Intishar Sadira Eshan meninjau permohonan pemulihan serta bukti perbaikan yang diajukan klien.
  3. Apabila bukti dinyatakan memenuhi, manajemen sertifikasi CoC Intishar Sadira Eshan mengeluarkan surat pernyataan pemulihan sertifikat klien.
  4. Manajemen sertifikasi CoC Intishar Sadira Eshan mengubah dan mengumumkan status sertifikat klien pada web PT ISE.

RUANG LINGKUP
Pelajari juga mengenai Ruang Lingkup COC DISINI

STANDAR & ACUAN
Pelajari juga mengenai Standar & Acuan COC DISINI

PENGUMUMAN

Informasi yang tersedia di dalam website ptise.co.id merupakan informasi yang dapat diakses oleh publik. Jika ada kepentingan, PT. ISE akan melakukan pemberitahuan secara resmi baik dengan tulisan maupun lisan. PT. ISE tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan data & informasi yang tersedia di website kami.