PT. Intishar Sadira Eshan > Layanan Verifikasi Legalitas Kayu

Layanan Verifikasi Legalitas Kayu

Sistem Verifikasi dan Legalitas Kayu (SVLK) adalah sesuatu sistem yang dijalankan di Indonesia untuk memverifikasi dan memastikan asal usul kayu dari hulu sampai hilir

Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) merupakan sistem pelacakan yang disusun secara multistakeholder untuk memastikan legalitas sumber kayu yang beredar dan diperdagangkan di Indonesia

Layanan Verifikasi Legalitas Kayu

SVLK dikembangkan untk mendorong implementasi peraturan pemerintah yang berlaku terkait perdagangan dan peredaran hasil hutan yang legal di Indonesia.

 

Prinsip SVLK

  1. Tata Kelola Kehutanan yang baik (Governance)
  2. Keterwakilan (Representatif)
  3. Transparansi/keterbukaan (Credibility)

Perbaikan tata usaha dan administrasi perkayuan yang lebih baik melalui sistem yang dapat dipantau oleh semua pihak dan memiliki kredibilitas dalam implementasinya.

 

Manfaat SVLK

Semua produk kayu yang beredar dan diperdaganggakan di Indonesia memiliki status legalitas yang meyakinkan dan tidak diragukan keabsahannya sehingga eksportir dapat membrikan jaminan kepastian mengenal legalitas produk kayu Indonesia di pasar global yang akan berdampak pada daya saing produksi perkayuan indonesia semakin meningkat dan peluang pasar yang lebih besar semakin terbuka.

Sertifikat Legalitas Kayu ( S-LK) adalah Surat keterangan yang diterbitkan oleh Lembaga Verifikasi Legalitas Kayu (LVLK) dimana LVLK tersebut memberikan jaminan secara tertulis bahwa produk, proses dan jasa yang dilakukan oleh pelaku usaha telah memenuhi syarat serta mutu sesuai standar legalitas kayu yang telah ditetapkan.

Pemeliharaan Sertifikat Legalitas Kayu

Pemeliharaan S-LK dilakukan melalui kegiatan Penilikan dan Audit Khusus Penilikan dilakukan selama masa berlakunya S-LK, dilaksanakan sekurang-kurangnya 12 (dua belas) bulan sekali dan hasilnya dapat berupa kelanjutan, pembekuan atau pencabutan S-LK.

Audit Khusus dilakukan untuk memverifikasi kembali, apabila :

  • Terdapat ketidaksesuaian terhadap pemenuhan standar verifikasi legalitas kayu yang dilakukan oleh Pihak Pertama berdasarkan keluhan yang disampaikan oleh Pemantau Independen,
  • Dibekukan sertifikasinya,
  • Terdapat perubahan yang signifikan yang mempengaruhi keberlangsungan pemenuhan legalitas kayu.
  • Menerima kayu hasil lelang setelah S-LK diterbitkan oleh Pihak Kedua.

RUANG LINGKUP
Pelajari juga mengenai Ruang Lingkup SVLK DISINI

STANDAR & ACUAN
Pelajari juga mengenai Standar & Acuan SVLK DISINI

PENGUMUMAN

Informasi yang tersedia di dalam website ptise.co.id merupakan informasi yang dapat diakses oleh publik. Jika ada kepentingan, PT. ISE akan melakukan pemberitahuan secara resmi baik dengan tulisan maupun lisan. PT. ISE tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan data & informasi yang tersedia di website kami.