PT ISE  Memperoleh Akreditasi Sertifikasi ISPO

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

PT Intishar Sadira Eshan (PT ISE) (25/09/2023)

Pada hari ini Kamis, 7 September 2023, Direktur PT Intishar Sadira Eshan menerima Sertifikat Akreditasi ISPO yang diterbitkan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan Nomor Surat Keputusan KAN Nomor 1005/3.a2/LIS/08/2023 pada tanggal 31 Agustus 2023 tentang Keputusan Akreditasi sebagai Lembaga Sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil dan terdaftar di Kementerian Pertanian berdasar Surat Dirjen Perkebunan Kementan Nomor 513/KB.410/E/09/2023 tanggal 18 September 2023 dengan Nomor Akreditasi LSISPO-023-IDN

Sertifikat Akreditasi LSISPO PT ISE dengan Nomor Akreditasi LSISPO-023-IDN

Sebagai LS ISPO, PT ISE dapat melayani sertifikasi bagi pelaku usaha perkebunan kelapa sawit baik perusahaan dan/atau pekebun (petani sawit) dengan ruang lingkup Usaha Budi Daya Tanaman Perkebunan Kelapa Sawit (01), Usaha Pengolahan Hasil Perkebunan Kelapa Sawit (02) dan Integrasi Usaha Budi Daya Tanaman dan Pengolahan Hasil Perkebunan Kelapa Sawit (03).

Proses Akreditasi sebagai lembaga sertifikasi ISPO sudah berlangsung sejak bulan Mei Tahun 2022 diawali dengan membuat Dokumen Sistem Skema ISPO,  pemenuhan personel sertifikasi terutama auditor serta mencari calon klien ISPO untuk proses Witness sebagai persyaratan untuk pengajuan akreditasi.

Desember 2022 PT ISE telah mendapat calon klien sertifikasi ISPO a.n. Izin Usaha Perkebunan PT Sawitmas Parenggean yang berlokasi di kelurahan Parenggean, Kecamatan Parenggean Kabupaten Kotawaringin Timur provinsi kalimantan Tengah dengan ruang lingkup usaha Terintegrasi antara usaha Budi Daya Tanaman dan Pengolahan Hasil Perkebunan Kelapa Sawit.  Dan akhir bulan Januari 2023 PT ISE melaksanakan Audit Tahap I untuk Sertifikasi Awal PT Sawitmas Parenggean (PT SMP).

Pelaksanaan Audit Tahap I, Auditor sedang memverifikasi dokumen & rekaman sesuai standar ISPO dan persyaratan lainnya.

Pelaksanaan Asesmen, Asesor KAN sedang mengevaluasi kesesuaian sistem manajemen skema ISPO PT ISE

Awal bulan Maret Tahun 2023 PT ISE mulai daftar akreditasi skema ISPO ke Komite Akreditasi Nasional (KAN). Proses selanjutnya adalah dilakukan audit kelayakan dokumen akreditasi dan sumber daya, kemudian dilanjutkan dengan proses asesmen untuk mengevaluasi kesesuaian sistem yang dimiliki PT ISE terhadap persyaratan standar ISPO dan persyaratan akreditasi lainnya.

Setelah proses asesmen dinyatakan memenuhi oleh KAN, selanjutnya di tanggal 4-7 Juli 2023 dilakukan proses asesmen penyaksian (witness) yang pelaksanaan dilakukan secara on site di lapangan bersamaan dengan proses Audit Tahap II Sertifikasi Awal PT SMP. Asesor dari KAN yang bertugas dalam witness ini adalah Ibu Ratna Rahayu Utami dan Bp. Prasetyo Djati.

Pelaksanaan witness dan Audit Tahap II Sertifikasi Awal PT SMP mulai dengan opening meeting, dilanjutkan verifikasi dokumen, pemeriksaan lapangan (kebun) dan wawancara.

Kegiatan pemeriksaan lapangan ke pabrik pengolahan hasil kebun kelapa sawit (PKS) dan diakhiri audit dengan kegiatan closing meeting

Akhir Juli 2023 proses witness dinyatakan memenuhi oleh KAN setelah menyelesaikan perbaikan atas ketidaksesuaian. Proses selanjutnya adalah rapat Panitia Teknis akreditasi, melakukan review terhadap laporan hasil asesmen dan memberikan rekomendasi keputusan akreditasi kepada Rapat KAN council untuk menetapkan keputusan akreditasi. Pada tanggal 31 Agustus 2023 hasil rapat KAN Council menyatakan PT ISE mendapatkan Akreditasi sebagai LSISPO

Reporter: Rachim M.
Copyright © September 2023

Kegiatan konsultasi publik melalui wawancara dengan para pihak yang berkepentingan (stakeholder) : Camat Parenggean, Damang Adat Parenggean, Kades dan masyarakat Desa Parenggean dan Menjalin, anggota plasma sawit dan petani mitra (swadaya) pemasok TBS Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit PT Sawitmas Parenggean  

Berita Terbaru